1. Wisata Religi

  • Kampung Arab Al-Munawwar

Kampung Al-Munawwar tidak hanya terdapat bangunan rumah-rumah bersejarah berusia lebih dari 350 tahun tapi Kampung Al-Munawwar menyimpan sejarah panjang tentang perkembangan Islam di Palembang dan kita juga bisa menyantap sajian kuliner khas Palembang “Ngidang” dengan menu khas Nasi Kebuli lengkap dengan lauk pauknya .

  • Al-Qur’an Al-Akbar 

Di Palembang terdapat salah satu karya seni bernilai tinggi yang telah masuk rekor dunia, yakni Al-Qur’an terbesar di dunia yang dipahat/diukir ala khas Palembang.  Kunjungi Pondok Pesantren Al Ihsaniyah Gandus Palembang disini terdapat Al Quran Al-Akbar. Ukiran kayu yang berisi  30 juz ayat suci Al-Quran  tersebut dibuat sekitar tujuh tahunan dari 2002-2009 dan menghabiskan kurang lebih 40 meter kubik kayu tembesu dengan biaya tidak kurang Rp 2 miliar.

  • Pulau Kemaro

Tahukah jika kota Palembang juga ramai dikunjungi  oleh umat Tri Darma yang merayakan Cap Go Meh, tepatnya 15 hari setelah Tahun Baru Imlek. Namun tidak hanya bisa dikunjungi saat Cap Go Meh, Pulau Kemaro juga asyik dikunjungi setiap saat. Delta kecil di Sungai Musi yang terletak sekitar 6 km dari Jembatan Ampera ini menyimpan sejarah kisa cinta Putri Fatimah asal Palembang dengan Tan Bun An, Pangeran asal Tiongkok yang meninggal tenggelam di Sungai Musi. Disini juga terdapat pagoda tempat umat Tri Darma beribadah.

2. Wisata Sejarah

  • Bukit Siguntang

Jika ingin mempelajari tentang Kerajaan Sriwijaya, langsung saja datang ke Bukit Siguntang. Budaya dan alam menyatu di tempat ini. Makam, rumah ibadah umat Budha, dan hutan yang hijau menjadi daya tarik utama di sana. Selain itu, ada taman-taman hijau dengan pohon rindang yang dapat dijadikan tempat bersantai.

  • Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya

Taman Purbakala ini merupakan situs kuno yang membuktikan keberadaan Kerajaan Sriwijaya di masa silam. Nuansa hijau dan asri menyelimuti taman sehingga menciptakan tempat wisata budaya sekaligus alam. Tidak ketinggalan, tiruan prasasti kedukan pun berdiri di tempat ini.

  • Benteng Kuto Besak 

Kota Palembang sebagai kota tertua di dunia menyimpan begitu banyak sejarah termasuk perjuangan melawan penjajahan Belanda. Benteng Kuto Besak yang terletak menghadap Sungai Musi ini terbuat dari batu setinggi 10 meter menjadi saksi perjuangan masyarakat Palembang melawan Belanda dan Jepang. Uniknya benteng yang masih berdiri kokoh di tengah kota Palembang ini tidak menggunakan semen sebagai perekat antar batu namun menggunakan putih telur.

3. Wisata Budaya 

  • Dulmuluk

Selain wisata sungai, wisata sejarah ternyata Palembang menyimpan kekayaan budaya yang patut dilestarikan. Adalah kesenian tradisional Dulmuluk  yang sangat menghibur karena aksi lucu para pemain Dulmuluk. Tidak hanya lucu, Dulmuluk juga sarat pesan moral, informasi hingga nasehat yang bermanfaat.

  • Wayang Palembang 

Jika Wayang telah menjadi warisan kebudayaan tak benda yang diakui oleh Unesco, ternyata di Palembang juga terdapat Wayang. Jika wayang  Jawa tampil semalam suntuk, wayang Palembang hanya dimainkan selama 1-3 jam dengan menggunakan bahasa Melayu Palembang, dan perilaku tokoh-tokohnya lebih bebas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *